info@uinkhas-jember.ac.id 081336843006

Unit Kendali Mutu Dibekali Keterampilan Pengelolaan Website Program Studi dan Penulisan Berita

Home >Berita >Unit Kendali Mutu Dibekali Keterampilan Pengelolaan Website Program Studi dan Penulisan Berita
Diposting : Kamis, 21 Mar 2024, 15:24:41 | Dilihat : 31 kali
Unit Kendali Mutu Dibekali Keterampilan Pengelolaan Website Program Studi dan Penulisan Berita


Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) menyelenggarakan pelatihan pengelolaan website program studi bagi tim Gugus Mutu, tim Unit Kendali Mutu (UKM) Program studi (Prodi), dan tim Bagian Data dan Informasi FTIK pada Kamis, 21 Maret 2024. Kegiatan hari ke-10 bulan Ramadan 1445 H yang berlangsung di ruang rapat FTIK lantai 2 tersebut dibuka secara langsung oleh wakil dekan (wadek) 1 FTIK Khotibul Umam. 

Dalam pidato pembukaannya Khotibul Umam menjelaskan tentang pentingnya keterbukaan informasi bagi seluruh sivitas akademika melalui siaran berita yang diterbitkan oleh setiap pengelola di lingkungan FTIK. Untuk memfasilitasi hal tersebut lanjut Khotibul Umam mengatakan perlunya pelatihan pengelolaan website dan penulisan berita sehingga artikel yang diterbitkan memenuhi kaidah kepenulisan berita yang tepat.
 
Sementara itu Ahmad Winarno, salah satu narasumber kepenulisan berita secara detail menjelaskan tata cara penulisan berita elektronik. Ahmad Winarno yang juga memiliki segudang pengalaman dibidang jurnalistik memaparkan organisasi dan alur berita yang umum diterapkan pada penulisan berita melalui 5W + 1H. Teknik tersebut dimulai dengan what (peristiwa apa yang terjadi), who (siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut), where (dimana peristiwa tersebut terjadi), when (kapan terjadinya), why (mengapa terjadi demikian), dan how (bagaimana terjadinya). 

Meskipun dilaksanakan dibulan Ramadan, seluruh peserta antusias mengikuti kegiatan. Diakhir acara, seluruh peserta diminta menghasilkan satu berita sebagai bentuk luaran dari kegiatan tersebut.

(ukm)

;