info@uinkhas-jember.ac.id 081336843006

Keikutertaan TBI dalam Peninjauan Visi dan Misi FTIK UIN KHAS Jember

Home >Berita >Keikutertaan TBI dalam Peninjauan Visi dan Misi FTIK UIN KHAS Jember
Diposting : Rabu, 19 Oct 2022, 12:17:43 | Dilihat : 243 kali
Keikutertaan TBI dalam Peninjauan Visi dan Misi FTIK UIN KHAS Jember


Sebagai upaya mewujudkan fakultas unggul, serangkaian kegiatan konkrit dilakukan oleh Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (FTIK UIN KHAS) Jember, mulai dari penataan sarana perkuliahan, aktifitas penelitian, hingga pengabdian kepada masyarakat, tak terkecuali dukungan penuh fakultas terhadap program studi yang akan melaksanakaan reakreditasi.

Di antara ikhtiar tersebut FTIK lebih serius membuat program planning yang salah satunya diterjemahkan dalam bentuk penyelenggaraan Peninjauan Visi dan Misi FTIK, dikemas dalam sebuah workshop dengan menghadirkan Dr. Hisyam Zaini. MA selaku narasumber dan diikuti oleh seluruh pengelola FTIK, alumni dan sejumlah pihak terkait selalu user, diantaranya Kepala MIN 1 Jember, Kepala MTsN 2 Jember, Kepala MAN 2 Jember, Kepala SMPN 5 Jember dan Kepala SMAN 1 Jember. Workshop ini terlaksana sehari penuh pada rabu 19 Oktober 2022 di hotel Dafam Fortuna Jember.

Sesuai tema workshop, kegiatan ini focus pada pembahasan menyeluruh tentang visi dan misi fakultas. Pada bagian awal narasumber yang masih aktif sebagai Asesor BAN-PT ini memulai paparannya dengan menyajikan materi Benchmarking, suatu patokan atau tolak ukur yang digunakan untuk menilai atau membandingkan hal tertentu, dilanjutkan dengan menyajikan sejumlah visi-misi fakultas di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) diantaranya UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Gunung Djati dan UIN Ar-Raniri, visi-misi universitas luar negeri, diantaranya Monash University Malaysia, Singapore Institute of Technology dan Northwestern University Australia, serta visi-misi perusahaan komersial, diantaranya Aqua, Microsoft dan Facebook. Pada akhir sesi ini narasumber memberi kesempatan kepada semua peserta workshop untuk berdiskusi kelompok lalu memprsentasikan seputar cita-cita yang ingin dicapai oleh fakultas pada kurun waktu tertentu.

Setelah melewati diskusi panjang, dihasilkan empat draft visi FTIK, yakni (1) Menjadi fakultas yang terkemuka dalam bidang pendidikan Islam, Sains dan Humaniora Berbasis Islam Moderat pada Tahun 2032, (2) Terkemuka dalam bidang Pendidikan di tingkat internasional dengan mengintegrasikan  sains, Islam dan kearifan lokal yang adaptif pada tahun 2035, (3) Menjadi fakultas yang unggul di bidang pendidikan Islam integratif berbasis humanis religius di tingkat Asean pada tahun 2032 dan (4) Menjadi LPTK yang terkemuka dan adaptif di bidang Pendidikan Berbasis Islam Moderat di Kawasan Asia pada tahun 2032. Draft inilah yang akan dirumuskan oleh tim tersendiri pada fase berikutnya hingga akan diperoleh visi fakultas yang ideal.

Pada sesi berikutnya dilakukan peninjauan buku pedoman akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Tahun Akademik 2022/2023 dengan narasumber Dr. Mashudi, M.Pd. Peninjauan ini menjadi salah satu variable penting dalam penyelenggaraan proses studi mahasiswa di FTIK secara komprehensif, sehingga mareka mengetahui apasaja yang perlu dipersiapkan dan tahapan apasaja yang dilalui selama menempuh jenjang strata satu.

Bagi Program Studi Tadris Bahasa Inggris (Prodi TBI) moment ini menjadi sangat berharga dan connected dengan gelaran workshop yang diselenggarakan dua hari sebelumnya (https://tadrisbing.ftik.uinkhas.ac.id/berita), mengingat prodi ini sedang giat menyempurnakan visi-misi program studi dan mengevaluasi kurikulum agar para mahasiswa yang diluluskan mampu menjawab kebutuhan kualifikasi sumberdaya manusia di masa mendatang. (AL)

;