info@uinkhas-jember.ac.id 081336843006

Hold The World With English Menjadi Grand Theme di English Camp 2020

Home >Berita >Hold The World With English Menjadi Grand Theme di English Camp 2020
Diposting : Minggu, 22 Mar 2020, 09:29:30 | Dilihat : 1284 kali
Hold The World With English Menjadi Grand Theme di English Camp 2020


ENGLISH CAMP 2020

"HOLD THE WORLD WITH ENGLISH"

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Bahasa Inggris (TBI) IAIN JEMBER periode 2019/2020 kembali mengadakan agenda besar yaitu English Camp yang dilaksanakan pada tanggal 10-15 Februari 2020 dengan mengusung tema “Hold The World With English”.

English Camp atau singkatnya disebut EC oleh mahasiswa Tadris Bahasa Inggris merupakan salah satu agenda besar HMPS TBI sendiri. Jumlah peserta keseluruhan English Camp tahun ini mencapai 205 peserta.

"Agenda tersebut merupakan inisiatif dari Kaprodi Tadris Bahasa Inggris yang diadakan untuk menciptakan harmonisasi kekeluargaan dalam wadah pembelajaran serta dinaungi oleh Himpunan Mahasiswa" ujar Firdaus Izzulhaq.

EC memiliki slogan yang unik yaitu "No English, No Service" sehingga mendorong penuh peserta maupun panitia untuk senantiasa berbahasa inggris selama kegiatan berlangsung. Apakah kalian tahu apa yang akan terjadi ketika mereka tidak berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris? Punishment atau hukuman akan bekerja sesuai tupoksi nya. Punishment yang akan mereka dapatkan tidak lepas pula dari pendidikan bahasa inggris. Apa saja punishment yang akan mereka dapatkan?

Jika mereka melanggar satu kali maka mereka harus menyebutkan 20 vocabularies yang telah mereka hafalkan. Pelanggaran kedua maka peserta harus telling a story in front of G building. Dan pelanggaran untuk ketiga kalinya yaitu giving direction to go any place.

Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan English Camp terlebih bagi MaBa atau Mahasiswa Baru Tadris Bahasa Inggris. Selain mendapatkan keseruan dan mengenal lebih banyak anggota keluarga di prodi sendiri, mereka pun mendapat asupan ilmu yang menarik dari beberapa seminar yang telah diadakan. Beberapa seminar tersebut mengajarkan how to be a good listener, how to be a good writer, how to be a good reader, how to be a good speaker. Bahkan how to be a good Debater. Selain materi kebahasaan yang didapat, mereka juga diberi waktu untuk berolahraga setiap pagi seperti senam dan lari pagi di sekitar kampus. Bahkan ada banyak game sebelum materi pertama dimulai.

Antusiasme mahasiswa dalam mengikuti acara ini sungguh luar biasa. Mereka tetap semangat dan tawa senantiasa merekah di setiap momen meski jadwal yang mereka ikuti sangat padat. Acara ini hanya berlangsung selama 6 hari di gedung G, kampus IAIN Jember. Meski banyak sekali tantangan yang harus mempertaruhkan air mata, senyum dan tawa bahagia tidak akan pernah bisa terhapuskan. Bahkan pelangi pun tidak akan datang sebelum basah bumi karena hujan. (Afkarina/ Humairoh)

;