info@uinkhas-jember.ac.id 081336843006

Tadris Bahasa Inggris FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Menjalin Kerjasama dengan Santivit Songkhla Technological College, Thailand

Home >Berita >Tadris Bahasa Inggris FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Menjalin Kerjasama dengan Santivit Songkhla Technological College, Thailand
Diposting : Senin, 15 Jan 2024, 14:15:06 | Dilihat : 171 kali
Tadris Bahasa Inggris FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Menjalin Kerjasama dengan Santivit Songkhla Technological College, Thailand


Dalam rangka meningkatkan kerjasama antar negara di bidang pengabdian kepada masyarakat, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember melakukan kegiatan bersama dengan Santivit Songkhla Technological College, Thailand. Adapun bentuk konkrit dari kegiatan ini adalah Workshop kebahasaan dengan judul Penguatan Pembelajaran Bahasa Inggris Kerjasama yang berdurasi lima tahun ini, Mei 2019 hingga Mei 2023 ditandatangani dekan FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Prof. Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I dan Direktur Santivit Songkhla Technological College, Dr. Mangsod Mateh.

Menurut As’ari, M.Pd.I, salah satu anggota tim pengabdian, “setidaknya ada tiga tujuan dilaksanakannya workshop ini, yakni; Meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran dan percakapan bahasa Inggris, Memperkenalkan media pengajaran dan metode pembelajaran percakapan bahasa Inggris, dan Meningkatkan kemampuan percakapan bahasa Inggris.”

Mega Fariziah, M.Pd., ketua tim pengabdian, menambahkan bahwa untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dapat dilakukan berbagai pemecahan masalah sebagai berikut; pertama, memberi pendampingan dan pembinaan secara kontinu dan berkelanjutan terhadap siswa pesantren Santivit Songkhla Technological College agar memiliki motivasi dalam belajar bahasa Inggris dengan metode yang menyenangkan, kedua, memberi pendampingan dan pembinaan terhadap siswa pesantren Santivit Songkhla Technological College agar belajar bahasa Inggris lebih efektif dan efisien.”

Menurutnya, kerjasama ini tidak hanya sebatas administratif, melainkan juga bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas guru Bahasa Inggris. “Kami ingin memastikan bahwa para guru bahasa Inggris yang dihasilkan mampu bersaing secara kompetitif, baik dalam administrasi maupun dalam hal profesionalitasnya. Tantangan guru Bahasa Inggris semakin kompleks, dan kami Tadris Bahasa Inggris FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember berkomitmen untuk mempersiapkan mereka dengan baik,” tambahnya.

Pada kesempatan terpisah, dekan FTIK, Prof. Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I menyatakan bahwa, harapannya adalah kerjasama ini tidak hanya menjadi perjanjian formal, melainkan dapat diimplementasikan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama. “Kami berharap sinergi ini akan menghasilkan dampak positif yang nyata dalam meningkatkan mutu pendidikan Bahasa Inggris. (AL)

;