info@uinkhas-jember.ac.id 081336843006

Seriusi Pengembangan Kurikulum Prodi, TBI Undang Pakar dari IAIN Kediri

Home >Berita >Seriusi Pengembangan Kurikulum Prodi, TBI Undang Pakar dari IAIN Kediri
Diposting : Kamis, 27 Jun 2024, 10:03:05 | Dilihat : 98 kali
Seriusi Pengembangan Kurikulum Prodi, TBI Undang Pakar dari IAIN Kediri


Bertempat di ruang rapat lantai 2 gedung FTIK (26/6/2024), program studi (prodi) TBI menyelenggarakan seminar nasional bertajuk Kurikulum Merdeka dan Kampus Merdeka, Telaah Kurikulum Prodi Tadris Bahasa Inggris. Hal ini sekaligus menjadi pendorong semangat prodi TBI untuk mengembangkan kurikulum yang lebih inovatif dan adaptif. Kegiatan yang dibuka oleh Dekan FTIK Abdul Mu'is tersebut mengundang dosen dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Nur Afifi, M.App.Ling., PhD. Dalam pembukaannya, Mu'is, sapaan akrabnya, mengungkapkan harapannya. "Prodi TBI yang sudah mendapatkan akreditasi Unggul diharapkan terus melakukan terobosan melalui pengemasan kurikulum yang inovatif yang dapat menghasilkan lulusan yang kompeten," ujarnya. Dia menambahkan bahwa prodi TBI dapat menciptakan kurikulum yang memiliki distingsi keilmuan sehingga menjadi penciri khas dibandingkan prodi TBI lainnya. 

Sementara itu, koordinator prodi TBI, Dewi Nurul Qomariyah menjelaskan tujuan diselenggarakannya seminar kurikulum tersebut adalah untuk memantapkan isi dan cakupan kurikulum prodi TBI yang telah dikembangkan bersama tim selama beberapa bulan terakhir. "Kami berharap, dengan hadirnya narasumber hari ini, prodi TBI mendapatkan pengetahuan dan pencerahan atas kurikulum yang sedang dikembangkan," pungkasnya. 

Dalam pemaparannya Nur Afifi berbagi tentang prinsip-prinsip pengembangan kurikulum berbasis merdeka belajar kampus merdeka yang dicanangkan kementerian pendidikan dan kebudayaan. Dia menitik beratkan bagaimana implementasi magang industri khusus bagi fakultas keguruan dan berbagi praktik baik yang telah dilaksanakan oleh prodi bahasa Inggris di IAIN Kediri. "Di tempat kami, mekanisme pelaksanaan magang pendidikan dilaksanakan melalui mekanisme pemberian teori di kelas selama empat hari, dilanjutkan dengan penempatan mahasiswa pada sekolah-sekolah mitra," jelasnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh 14 dosen homebase TBI tersebut diakhiri jam 16.00 WIB dan ditutup dengan foto bersama.   

;