info@uinkhas-jember.ac.id 081336843006

Progres Penyusunan Borang Akreditasi dan LED Prodi TBI

Home >Berita >Progres Penyusunan Borang Akreditasi dan LED Prodi TBI
Diposting : Rabu, 12 Apr 2023, 15:10:52 | Dilihat : 272 kali
Progres Penyusunan Borang Akreditasi dan LED Prodi TBI


Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan, ampunan dan rahmat  dari Allah SWT.  Diwajibkan kepada seluruh orang Islam yang beriman untuk melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan dengan tujuan agar menjadi orang-orang yang bertakwa, seperti dinyatakan pada QS. Al-Baqarah 183 yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

Bagi dosen di lingkungan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, menjalankan ibadah puasa memiliki banyak keutamaan baik untuk diri sendiri maupun hubungan sesama dosen, karyawan, mahasiswa serta hubungan dengan Allah SWT. Hikmah menjalankan ibadah puasa berkaitan erat dengan amalan puasa yang dijalani, selain dengan menahan lapar, dahaga dan melaksanakan sejumlah ritual keagamaan, juga berupaya  meningkatkan disiplin diri dan etos kerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, sebagai bagian dari cara melatih diri untuk tetap bersyukur kepada Allah SWT atas berbagai nikmat dan karunia yang telah diberikanNya kepada kita.

Upaya melatih diri ini terlihat saat selama bulan ramadhan 1444 H, Tim Akreditasi Tadris Bahasa Inggris (TBI) beserta Gugus Mutu Fakultas dan Unit Kendali Mutu (GMF-UKM) telah mengadakan kegiatan diskusi progress kelengkapan dokumen akreditasi Program Studi TBI yang terdiri dari Borang Akreditasi dan Laporan Evaluasi Diri (LED) yang merujuk pada Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Hal ini tentunya menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh GMF-UKM untuk mendorong program studi agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Kegiatan diskusi progress kelengkapan dokumen akreditasi Program Studi ini diselenggarakan secara langsung di ruang rapat FTIK lantai 2 pada Rabu, 12 April 2023. Diskusi ini dihadiri oleh GMT-UKM, Dekanat FTIK dan seluruh koordinator Program Studi di lingkungan FTIK. Dalam diskusi ini semua peserta berkesempatan menyampaikan paparan seputar perkembangan atau kelengkapan data yang sudah dihimpun, baik kualitataif maupun kuantitatif.

Dekan dan wakil dekan FTIK mengapresiasi capaian kerja tim akreditasi semua Prodi serta mengingatkan agar tetap menjaga kesehatan dan mengatur waktu dengan baik. Sedangkan koordinator Prodi TBI, As’ari, M.Pd. saat dikonfirmasi pada sesi break,  menyampaikan bahwa setidaknya sudah terhimpun data dari semua/sembilan kriteria yang dikehendaki LAMDIK dan jika dirata-rata persentase tiap kriteria mencapai 60 hingga 70 persen. (AL)

;