info@uinkhas-jember.ac.id 081336843006

Fakultas Sastra UM Bertandang ke Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Jember Jalin Kerjasama

Home >Berita >Fakultas Sastra UM Bertandang ke Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Jember Jalin Kerjasama
Diposting : Kamis, 08 Aug 2024, 21:33:38 | Dilihat : 64 kali
Fakultas Sastra UM Bertandang ke Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Jember Jalin Kerjasama


Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menerima kunjungan dari perwakilan Fakultas Sastra (FS) Universitas Negeri Malang (UM) dalam agenda kerjasama hari ini (08/08/2024). Fakultas Sastra UM sedang melakukan tour kerjasama ke beberapa universitas di Jember termasuk FTIK UIN KHAS. Kedatangan rombongan dari FS UM diterima langsung oleh Dekan FTIK Abdul Mu'is dan pejabat struktural lainnya di ruang rapat dekanat gedung FTIK lantai 6.

Dekan FTIK Abdul Mu'is menyambut antusias kedatangan utusan FS UM sebagai bentuk optimisme peningkatan mutu pendidikan di kedua pihak. "Kami berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan dampak positif dalam peningkatan mutu pendidikan bagi kami," harapnya. Sementara itu, perwakilan UM melaluihubungan yang lebih erat antara kedua institusi, khususnya dalam bidang pengembangan kurikulum, penelitian bersama, serta peningkatan kompetensi dosen dan mahasiswa. "Kami percaya bahwa sinergi ini akan membuka peluang baru dalam upaya memajukan pendidikan di tingkat nasional maupun internasional," ujar perwakilan FS UM. 

Pasca penandatanganan kerjasama, dua dosen dari FS UM yakni Prof. Dr. Yazid Basthomi, M.A., dan Maria Hidayati, M.Pd., Ed.D memberikan seminar berjudul Writing and Reviewing Research Articles for Scholarly Journals bagi dosen pada homebase Tadris Bahasa Inggris, serta para pengelola jurnal di lingkungan FTIK. Dalam sambutannya, Wakil Dekan I bidang akademik, Dr. Khotibul Umam mengungkapkan pentingnya tema pada sesi seminar tersebut karena dosen senantiasa didorong untuk terus melakukan produktifitas dalam menulis artikel untuk dapat diterbitkan pada jurnal bereputasi. Pada sesi pertama Prof Yazid mempresentasikan bagaimana melakukan telaah manuskrip sangat dipengaruhi oleh isu kultural. Selanjutnya, Maria Hidayati pada sesi kedua mempresentasikan penulisan manuskrip dengan pendekatan kajian sistamatika literatur. 

Dalam kesempatan seminar, para peserta melakukan diskusi dan refleksi termasuk isu-isu kepenulisan akademik dan gaya kepenulisannya. Acara seminar diakhri pada jam 11.30 dan dilanjutkan ramah-tamah.

;