info@uinkhas-jember.ac.id 081336843006

Dosen Tadris Bahasa Inggris FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Bimbing Mahasiswa ke Thailand

Home >Berita >Dosen Tadris Bahasa Inggris FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Bimbing Mahasiswa ke Thailand
Diposting : Senin, 15 Jan 2024, 14:12:20 | Dilihat : 150 kali
Dosen Tadris Bahasa Inggris FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Bimbing Mahasiswa ke Thailand


Dalam rangka meningkatkan kerjasama antar negara di bidang pendidikan, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember melakukan kegiatan bersama dengan Ahmadiah Islamiah School Narathiwat, Thailand. Adapun bentuk konkrit dari kegiatan ini adalah pengalaman lapangan bagi mahasiswa strata satu (Asistensi Mengajar) yang dilaksanakan oleh  seorang dosen dan sembilan mahasiswa.

Kegiatan yang berlangsung selama dua bulan terhitung mulai tanggal 25 April hingga 27 Juni 2022 memiliki sejumlah tujuan yakni meningkatkan kualitas kegiatan pengelolaan perguruan tinggi, meningkatkan kualitas pengalamaan luar negeri bagi mahasiswa dan dosen, meningkatkan kualitas kegiatan pengajaran dan pembelajaran bagi mahasiswa, dan meningkatkan kualitas soft skills bagi mahasiswa.

 

Secara detail, As’ari, M.Pd.I, Dosen Pembimbing Lapangan, menyampaikan rincian kegiatan pelaksanaan program Asistensi Mengajar di Thailand yang mencakup; pertama, 20 Maret 2022; Closing Ceremony Asistensi Mengajar Angkatan 1 dilaksanakan di Gedung Majlis Agama Islam Ahmadiah Islamiah School Narathiwat, Selatan yang baru, dan acara tersebut dibuka oleh Wakil Kementrian Agama Islam Ahmadiah Islamiah School Narathiwat, dan sekaligus Acara peresmian penutupan Asistensi Mengajar Ahmadiah Islamiah School Narathiwat, Thailand, kedua, 21 Maret 2022; Acara kunjungan sekaligus penarikan oleh Dosen DPL di Pesantren Muhammadiyah Wittaya School, Kokpho Ahmadiah Islamiah School Narathiwat, 22 ketiga, Maret 2022; Acara kunjungan sekaligus penarikan oleh Dosen Pembimbing Lapangan di Pesantren Assasuddin School, Muang Yala, dan keempat, 23 Maret 2022, Perjalanan pimpinan dan dosen pulang ke Jember, Jawa Timur.

Dekan FTIK, Prof. Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I menegaskan bahwa melalui kerjasama antar perguruan tinggi ini, dialog antar budaya dan peradaban menjadi mungkin serta perbedaan menjadi rahmat; bahasa menjadi instrumen penting dalam rangka lita'arafu. Dengan demikian, upaya untuk menciptakan sistem dunia yang koneksis, egaliter, dan berkeadilan akan dapat diwujudkan di masa depan. Dekan juga menyampaikan bahwa kegiatan asistensi mengejar ini merupakan salah satu rangkaian program kerjasama yang telah ditandatangani oleh kedua belah pihak dengan tenggat waktu lima tahun ini, Mei 2019 hingga Mei 2023 ditandatangani dekan FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Prof. Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I dan Direktur Ahmadiah Islamiah School Narathiwat, Mr. Lutfee Abdillah. (AL)

;