info@uinkhas-jember.ac.id 081336843006

Asesmen Lapangan oleh LAMDIK, Dekan FTIK dan Korprodi TBI Optimis Raih Nilai Unggul

Home >Berita >Asesmen Lapangan oleh LAMDIK, Dekan FTIK dan Korprodi TBI Optimis Raih Nilai Unggul
Diposting : Sabtu, 20 Jan 2024, 12:03:50 | Dilihat : 380 kali
Asesmen Lapangan oleh LAMDIK, Dekan FTIK dan Korprodi TBI Optimis Raih Nilai Unggul


Pada hari Jum’at-Sabtu, 19-20 Januari 2024 Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) melakukan Asesmen Lapangan dalam rangkaian akreditasi Program Studi S1 Tadris Bahasa Inggris (Prodi TBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Akreditasi ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai keadaan dan kinerja Prodi TBI FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, sebagai dasar pembinaan dan pengembangan, serta untuk menentukan tingkat kelayakannya dalam melayani masyarakat. Adapun Asesmen Lapangan (AL) merupakan salah satu tahapan dalam proses akreditasi yang bertujuan untuk melakukan verifikasi, validasi dan klarifikasi terhadap data dan informasi yang tertulis pada Laporan Evaluasi Diri (LED) serta melakukan penilaian lapangan di Prodi TBI.

Proses akreditasi ini dilakukan oleh badan akreditasi yang bertanggungjawab untuk menyelidiki dan menilai apakah program yang diberikan efektif dalam pengajaran dan pelatihan, dalam hal ini adalah LAMDIK yang memiliki tugas untuk melakukan proses akreditasi Program Studi di Bidang Kependidikan di Indonesia. Akreditasi LAMDIK bertujuan untuk menjamin mutu sebuah program studi kependidikan untuk terus berbenah dan memajukan pendidikan di Indonesia, termasuk di lingkungan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Asesmen Lapangan yang berlangsung dua hari ini dilakukan secara langsung atau tatap muka oleh dua orang asesor LAMDIK yaitu Dr. Atiq Susilo, MA. dari Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dan Yanty Wirza, S.Pd., M.Pd., Ph. D. dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Kedua asesor ini hadir untuk verifikasi, validasi dan klarifikasi terhadap LED yang berisi sembilan kriteria dan telah disubmit sebelumnya oleh pihak Prodi TBI.

Hari pertama kegiatan AL diawali dengan pembukaan oleh Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Dr. Khoirul Faizin, M.Ag. Kegiatan selanjutnya adalah pertemuan dengan Pimpinan Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dalam hal ini pimpinan FTIK, pertemuan dengan tim penyusun LED, pertemuan dengan Pelaksana Penjaminan Mutu Internal, pertemuan dengan alumni, pengguna alumni, dosen, tenaga kependidikan dan pengguna lulusan atau user. Sejumlah user yang hadir diantaranya kepala SMKN 2 Jember, MAN 2 Jember, MTsN 2 Jember, MTs Ashri Jember dan Lembaga Kursus dan Pelatihan Bahasa (LKP) Texas Jember.

Secara umum para user menyatakan bahwa alumni TBI FTIK UIN UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember yang berprofesi sebagai pendidik dan pelatih di lembaganya memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap kemajuan lembaga dan peserta didik. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan kemampuan bahasa Inggris peserta didik yang dididiknya baik di dalam kelas, saat mengikuti perlombaan kebahasaan, maupun peningkatan akademik lainnya. Selain itu, alumni prodi ini dinilai memiliki nilai lebih karena telah berkontribusi terhadap pembiasaan prilaku relijius Islami di lingkungan madrasah, sekolah, maupun di lembaga pelatihan.

Sedangkan pada hari kedua AL meliputi pertemuan dengan mahasiswa, kunjungan prasarana/sarana yang digunakan prodi, observasi pembelajaran, penyampaian feedback dari asesor kepada dekan FTIK, penandatanganan Berita Acara Asesmen Lapangan oleh asesor, dekan , dan koordinator Prodi. Kegiatan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Dr. Khotibul Umam, MA, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan.

Saat dihubungi sesaat setelah acara penutupan, dekan FTIK, Dr. H. Abdul Mu'is, S.Ag., M.Si menyatakan optimis akreditasi TBI akan mendapatkan hasil maksimal sebab memperhatikan jalannya AL selama dua hari ini semua kriteria yang diverifikasi oleh asesor terkonfirmasi dengan jelas dan lengkap, sejalan dengan konsep LAMDIK dan konsisten dengan visi, misi dan tujuan prodi, fakultas  maupun universitas. Pernyataan tersebut senada dengan keterangan koordinator prodi TBI, Dewi Nurul Qomariyah, S.S, M.Pd. Lebih kanjut, koordinator prodi nenambahkan bahwa tim kareditasi TBI dengan dukungan penuh dari pimpinan fakultas, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni telah mempersiapkan segala kebutuhan akreditasi ini dengan baik, khususnya AL. Oleh karenanya ia  menyampaikan  ungkapan terimakasih yang tak terhingga kepada tim kareditasi TBI yang telah bekerja keras dan mendedikasikan ilmu, tenaga dan waktunya. Juga kepada semua pihak yang membantu proses akreditasi ini. “Semoga semua ini menjadi amal ibadah dan mendapat pahala dari Allah SWT.”, pungkasnya. (AL).

Berita Terbaru

Prodi TBI Kebut Penyusunan Kurikulum Tahun 2024
04 Jun 2024By oprtadrisbing
Keren! 20 Mahasiswa TBI Berangkat ke Thailand untuk melaksanakan ASJAR
22 May 2024By oprtadrisbing
Unit Kendali Mutu Dibekali Keterampilan Pengelolaan Website Program Studi dan Penulisan Berita
21 Mar 2024By oprtadrisbing

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;