info@uinkhas-jember.ac.id 081336843006

National Joint Seminar: Writing Short Article for International Publication

Home >Berita >National Joint Seminar: Writing Short Article for International Publication
Diposting : Selasa, 02 Nov 2021, 14:07:32 | Dilihat : 351 kali
National Joint Seminar: Writing Short Article for International Publication


Hari ini, Program Studi Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS Jember) mengadakan Nasional Joint Seminar bertajuk Writing Short Article for International Publication: Start Small, Think Big , bekerja sama dengan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon (UGJ).  Joint Seminar ini dilakukan secara online melalui media Zoom Meeting yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa baik dari kedua universitas maupun dari luar.. Menghadirkan Hendriwanto, M. Pd. dari UGJ dan Sandi Ferdiyansayah, M. Pd. dari UIN KHAS Jember sebagai narasumber. Ketua panitia kegiatan yaitu Asar'i, M. Pd.I mengungkapkan bahwa kegiatan Joint Seminar yang diadakan secara online ini menarik banyak peserta dari dosen maupun mahasiswa baik dari kedua universitas maupun dari universitas lain.

Rangkaian acara dibuka pada pukul 08.00 pagi oleh Wakil Dekan bidang akademik FTIK UIN KHAS Jember, Dr. Mashudi, M. Pd.  , membahas sedikit mengenai pentingnya acara ini sebagai bagian dari upaya prodi untuk meningkatkan karya mahasiswa dan dosen dibidang menulis.  Kegiatan dilanjutkan dengan sesi pertama, yang diisi oleh narasumber pertama, Hendriwanto, M. Pd. dari UGJ . Dalam presentasinya, Hendriwanto menjelaskan mengenai bagaimana cara yang bisa dilakukan oleh para penulis pemula untuk membuat sebuah artikel pendek. selain itu, beliau juga memberikan penjelasan mengenai berbagai hal terkait kualitas penelitian dan publikasi internasional.

Pada sesi kedua menghadirkan narasumber Sandi Ferdiyansayah, M. Pd. yang sekaligus salah satu dosen di program studi tadris Bahasa Inggris Dalam presentasi nya, Sandi menceritakan perjalanan yang beliau tempuh dalam menulis di majalah internasional, mudahnya menulis majalah yang terkesan sepele ada dibayangan kita ternyata tidak sama dengan kenyataan yang nanti kita hadapi. Sandi menjelaskan bahwa dalam menulis karya tulis internasional diperlukan ketelatenan, ketekunan, kedisiplinan, dan kemauan yang tinggi. Seusai presentasi dari kedua narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab antara para peserta dengan para narasumber.

Rangkaian kegiatan  Joint Seminar: Writing Short Article for International Publication: Start Small, Think Big diakhiri pada pukul 11.00 WIB dengan foto bersama. Melalui kegiatan kerjasama ini, diharapkan dapat meningkatakan motivasi bagi para dosen maupun mahasiswa untuk dapat menulis artikel pendek maupun menulis untuk majalah internasional, memberikan bekal untuk persiapan bagi para peserta webinar serta meningkatkan dan menjalin kerjasama antar mitra pendidikan di tingkat nasional guna meningkatkan Pendidikan di Indonesia khususnya di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. (Humairoh)

;